Rabu, 18 Juni 2014

Shanks

Shanks Anime InfoboxRed-Haired Shanks adalah kapten dari Red Hair Pirates , dan salah satu dari Yonko .  Ia adalah orang yang menginspirasi Luffyuntuk menjadi bajak laut. Saat Luffy berumur 7 tahun, ia dan anggota krunya mengunjungi desa Foosha dan berkenan memberi topi kesayangannya sebagai hadiah perpisahan saat meninggalkan tempat itu .

Penampilan
Shanks seorang pria sengah baya yang bertinggi sedang dan bertubuh sedang. Rambut Shanks berwarna khas merah membuat dirinya dijuluki si rambut merah. Shanks kehilangan tangan kirinya setelah menolong Luffy dari serangan monster laut saat ia masih kecil. Selain itu, ia memiliki 3 bekas luka cakar dimata kiri yang jelas terlihat akibat perbuatan Marshall D. Teach.
Shanks selalu memakai jubah hitam menggantung diatas bahu. Dahulu kala Shanks sering memakai topi jerami namun kemudian diberikan kepada Luffy. Ia juga berpakaian agak longgar seperti baju tangan panjang serta celana panjang dengan pola-pola bunga. ia juga memakai sepasang sandal serta sebuah pedang yang diletakkan dipinggang kanan.
Kepribadian
Shanks sangat periang dan suka bersenda gurau. Di awal cerita One Piece terlihat jika Shanks senang mempermainkan Luffy. Serupa dengan tingkah krunya, ia sangat menyukai pesta dan bersenang-senang.Mihawk menyebutnya sebagai pria yang easy going tampil tanpa beban setelah mendapati mereka berpesta di tempat antah berantah. Meskipun ia bisa juga berubah panik dengan tiba-tiba saat terjadi sesuatu membuat anak buahnya turut kebingungan.
Shanks tidak terlalu mempedulikan jika seseorang menghina dirinya. Ia juga tampak tak perduli saat banditHiguma melemparkan minuman kearahnya di bar milik Makino, sebaliknya ia dan kru malah mentertawakan kemalangan yang menimpa dirinya. Shanks menentang ide perkelahian untuk hal-hal yang sepele. Walau begitu, Shanks dapat berubah menjadi serius jika seseorang mengganggu temannya. Ia mengatakan tak akan mengampuni siapapun yang berani mengganggu temannya. Ia dapat menjadi lebih serius jika masalah yang terjadi menyinggung pribadinya terlalu dalam, seperti perseteruannya dengan Marshall D. Teach.
Shanks terlihat berjiwa besar dalam menyikapi sesuatu. Saat kehilangan tangannya, ia seperti tak peduli asalkan Luffy selamat . Kepada Shirohige, ia berkilah bahwa tangannya dikorbankan demi masa depan. Ia juga memiliki ketrampilan dalam berdiplomasi, seperti waktu menengahi perang di marineford . Sikapnya mampu mendapatkan rasa hormat dari beberapa pihak musuh; termasuk Bajak Laut Whitebeard maupunAngkatan Laut Sengoku mengaku jika ia hanya mau bersepakat karena Shanks yang memintanya .
Seperti karakter lain di One Piece, Shanks memiliki sendiri  tertawa unik , dimulai dengan "Da" (yaitu Dahahahahaha!).
Hubungan

Anggota Kru

Shanks sepertinya bergaul dengan siapa saja didalam kru rambut merah. Kebanyakan dari mereka memiliki kesamaan minat melakukan pesta dan tak canggung bersenang-senang bersama meski tetap menghormati kedudukan Shanks sebagai kapten mereka. Sebaliknya Shanks ikut mempedulikan keselamatan mereka, seperti tidak mengizinkan Rockstar mengambil tindakan atas penghinaan yang dilakukan Whitebeard, menganggap keselamatannya jauh lebih penting saat itu.

Bajak Laut Roger

Tidak banyak diketahui hubungan Shanks dengan kru lainnya, namun ia adalah pasangan bertengkarBuggy sehari-hari. Pihak Angkatan Laut mengklaim hubungan mereka sebagai ikatan persaudaraan, termasuk Shirohige yang menyatakan kalau mereka selalu berpasangan kemana-mana. Saat bertemu di marineford, Shanks masih sempat mengakali Buggy agar mengembalikan topi jerami kepada Luffy. Ia juga memiliki hubungan yang baik dengan mantan wakil kaptennya, Silvers Rayleigh. Saat kembali dari East Blue, Shanks menyempatkan bertemu Rayleigh menceritakan pengalamannya bertemu Luffy. Kepada mantan kaptennya Roger, Shanks tampak menjadi kru kesayangan Roger setelah ia mewariskan topi jerami kesayangan miliknya. Sama seperti Buggy, ia turut menangis saat pelaksanaan eksekusi di Loguetown .
Shanks bertemu Luffy pertama kali setelah ia dan krunya singgah di desa Foosha. Ia menjadi tertarik kepada Luffy setelah ia sering mengucapkan kata-kata yang persis sama Gol D. Roger ucapkan. Ia kemudian menyelamatkan Luffy dari serangan monster laut mengakibatkan kehilangan lengan kiri. Saat akan meninggalkan desa Foosha, Shanks memberikan topi jerami kesayangannya kepada Luffy dan membuatnya berjanji jika ia akan datang mengembalikannya setelah menjadi bajak laut hebat .

Makino

Di desa Foosha, Shanks berteman dekat dengan pemilik bar Makino. Makino tampak peduli kepada Shanks, seperti saat Higuma menyerangnya . Shanks menawarkan membantu membersihkan kekacauan yang dibuat bandit gunung. Sebaliknya Makino membantu Shanks membersihkan makanan yang tumpah pada dirinya. Makino sangat berterima kasih Shanks telah menyelamatkan Luffy berakibat kehilangan lengan kirinya. Makino juga membantu mengajari Ace cara berterima kasih kepada Shanks untuk menyelamatkan nyawa Luffy jika mereka bertemu.

Dracule Mihawk

Di masa lalu Mihawk sering mencari Shanks untuk mengajaknya berduel ketrampilan berpedang, namun kehilangan minat setelah Shanks kehilangan lengan kiri. Meski bekas musuh namun hubungan mereka cukup dekat seperti teman. Saat Mihawk datang membawa poster buronan pertama Luffy, Shanks mengatakan bahwa ia tidak dapat membiarkan Mihawk pergi begitu saja sambil menawarkan ikut bergabung dalam pesta. Saat perang di marineford, Mihawk meminta maaf kepada Shanks karena harus menghadapi Luffy. Ia segera meninggalkan pertempuran setelah kedatangan kru rambut merah karena menolak melawan mereka.

Portgas D. Ace

Ace sengaja datang menemui Shanks untuk berterima kasih dalam perannya menyelamatkan Luffy. Awalnya Shanks mengira Ace datang untuk menyerang, namun berubah menjadi hangat setelah tahu hubungannya dengan Luffy. Saat Ace mulai mengejar Blackbeard, Shanks sengaja menemui Whitebeard meminta ia menghentikan usaha Ace meski kemudian ditolak. Saat di marineford, Shanks bersama kru datang menghentikan perang dan meminta agar Whitebeard dan Ace mendapatkan penguburan yang layak.

Edward Newgate

Meski saling bersaing sebagai Yonko, Shanks menghormati seorang Shirohige. Ia bersedia mencegat Yonko lainnya Kaido agar dapat mencapai marineford tanpa hambatan. Setelah kematian Shirohige, Shanks meminta Sengoku agar mereka mendapatkan penguburan yang layak.

Marco

Meski sebagai musuh, Marco sepertinya cukup mengenal Shanks. Ia telah paham dengan kehebatan kemampuan haoshoku haki milik Shanks dan mengingatkan yang lain agar bersiap. Sebaliknya Shanks juga mengenal Marco dan mengejek ia dengan menawari bergabung menjadi krunya. Marco menolak sambil menyuruhnya tutup mulut. Setelah pertempuran, Marco meminta maaf atas perbuatan sebelumnya serta berterima kasih atas jerih payahnya mengusahakan penguburan Whitebeard dan Ace.

Marshall D. Teach

Shanks sepertinya memiliki dendam kesumat kepada Teach, meskipun peristiwa tepatnya tidak diketahui. Namun kepada Whitebeard, Shanks mengaku kalau bekas luka cakar dimata kirinya adalah perbuatan dari Blackbeard. Menurut Shanks, Teach adalah orang yang tak bisa dipercaya. Bahkan ketika perang Whitebeard, Shanks menyatakan datang untuk menghentikan perang kepada Angkatan Laut, namun kepada Teach diucapkan dengan nada khusus. Sepertinya Teach dianggap sebagai ancaman yang lebih signifikan dibandingkan dengan Angkatan Laut ataupun Marco dan bekas Bajak Laut Whitebeard. Teach awalnya tampak terkejut disebut oleh Shanks tetapi kemudian menyatakan kalau eranya telah dimulai, memperkenalkan anggota baru dari krunya, dan menunjukkan kontrol atas dua Buah Iblis, Teach berkata kalau ia telah mencapai tujuannya untuk sementara waktu, juga tahu kalau ia tidak siap untuk menghadapi Yonko.

Gorosei

Para Gorosei memandang Shanks sebagai pembuat masalah. Namun ia dianggap bukan orang yang dapat mengubah dunia melalui tangannya sendiri. Namun dengan posisinya sebagai Yonko, mereka turut waspada jika suatu saat Shanks mendapat tangan.

Kaido

Berhubung sesama Yonko mereka adalah saingan. Shanks berinisiatif menghadang Kaido saat mencoba menghentikan usaha shirohige menyerang marineford.

Kekuatan
Hanya sedikit yang dapat diketahui tentang kekuatan Shanks, namun sebagai Yonko bisa diasumsikan kekuatannya sangat besar. Ia mampu mengimbangi kekuatan shirohige yang dijuluki orang terkuat di dunia. Ia juga menghentikan pergerakan Yonko lainnya, Kaido serta menahan menahan pukulan magmaAkainu dengan relatif mudah. Seperti yang dinyatakan Gorosei bahwa ia adalah salah satu dari sedikit orang yang dapat menghentikan Kurohige.
Shanks sepertinya adalah seorang pendekar pedang. Di masa lalu ia diketahui pernah berduel dengan Dracule Mihawk yang dijuluki pendekar pedang terbaik di dunia. Meski hanya memiliki satu tangan, ia masih mampu menghentikan kekuatan magma Akainu dengan pedangnya.

Haki

Shanks setidaknya menguasai 2 dari 3 kemampuan haki. Ia memiliki kemampuan haoshoku haki. Kemampuan haoshoku hakinya sangat besar seperti yang dinyatakan Marco saat memperingatkan rekan-rekannya agar bersiap-siap menerima kedatangan Shanks. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan busoshoku haki saat menahan serangan Akainu yang berkekuatan buah iblis logia magma saat perang di marineford.

Kepandaian main pedang

Shanks biasanya digambarkan sebagai pemain pedang. Sepuluh tahun yang lalu Shanks mampu berenang, yang berarti bahwa ia tidak mengkonsumsi Buah Iblis pada saat ini ia adalah saingan Mihawk .
Sementara dia menggunakan keterampilan pedang nya hanya ditampilkan sebentar, fakta bahwa ia bisa menyamai pukulan dari Whitebeard dengan hanya satu tangan merupakan indikasi yang jelas dari kekuatan dia menempatkan di balik serangan itu. Shanks juga cukup kuat untuk menghentikan Magma tinju Akainu menggunakan pedangnya dan Busoshoku Haki.  Sejak Mihawk diklasifikasikan sebagai pendekar pedang terhebat di dunia, dan Shanks adalah mantan rival-nya, dapat diasumsikan bahwa Shanks adalah pendekar yang sangat mahir .
Shanks tampaknya telah menyukai lengan kirinya sebelum ia kehilangan itu, karena ia selalu terlihat memegang pedangnya di tangan kirinya saat kilas balik .

Sejarah

Masa Lalu
Shanks Berasal dari West Blue , dan di masa lalunya , ia adalah anggota kru Gold D. Roger , sebagai anak kabin , dan mengambil bagian dalam banyak hal , seperti pertempuran dengan Whitebeard . Pada waktu tertentu , Shanks memperoleh Topi Jerami Roger , tidak tahu kapan . Tanggal Shanks bergabung dengan Roger tidak diketahui , Tetapi ia menghabiskan sebagian besar waktu nya bersama-sama dengan sesama Trainee , Buggy .

The Rise of Captain Red-Haired Shanks
Pada beberapa waktu dalam hidup nya , ia bertemu Marshall D. Teach , anggota Whitebeard , apa yang terjadi tidak di ketahui , namun Blackbeard meninggalkan tiga bekas luka di mata kiri Shanks , Tanggal pasti peristiwa tidak di ketahui , namun ada tanda bahwa hal itu terjadi pada saat eksekusi Roger .

Shanks juga sering bertarung dengan Mihawk , dan pertempuran mereka disebut gema dari seluruh Grand Line . Kekuatannya sebagai bajak laut , ia dan tiga bajak laut lainnya di namakan Yonko , termasuk WhiteBeard , Kaido dan Big Mom .

Shanks dan Luffy
Bertahun - tahun kemudian , setelah menjadi kapten bajak laut nya , Shanks tiba di sebuah pulau , dimana ia bertemu dengan seorang anak muda yang bernama Monkey D. Luffy . Penasaran dengan Luffy dan sambil menikmati suasana Desa Luffy , Shanks memutuskan menempati desa itu untuk jangka waktu yang singkat (yang berubah menjadi satu tahun) .  Luffy cepat beradaptasi pada kru . Luffy dan para kru begitu akrab sehingga Luffy ingin bergabung dengan Red-Haired Pirates dan menjadi bajak laut juga , namun Shanks menolak untuk mengizinkan Luffy bergabung dengan Red-Haired Pirates , Shanks beralasan bahwa Luffy terlalu muda .

Suatu hari , di Patty Bar , Shanks menyatakan bahwa Luffy tidak dapat bergabung dengan nya kecuali jika Luffy belajar bagaimana untuk berenang dan bahwa ia juga terlalu muda untuk bergabung . Ketika Luffy berdiri dan mengatakan kalau dirinya adalah Pria , Trik Shanks dengan menawarkan segelas jus , membuktikan bahwa Luffy masih anak-anak . Setelah di tolak yang kedua kali nya oleh Shanks , Luffy mengalami depresi . Akhirnya Makino muncul dan memberi Luffy makan .

Higuma mengolok-olok Shanks
Higuma menghina Shanks
Pada saat itu , Higuma nya muncul dan mulai meminta Sake . Namun , Shanks dan para kru nya sudah meminum semua Sake di bar . Shanks menawarkan botol terakhir , tetapi Higuma tidak puas hanya dengan satu botol , kemudian Higuma melemparkan botol itu ke arah Shanks , Tetapi Shanks tidak melawan nya , lalu Higuma membanting piring yang berisi makanan ke arah Shanks , sekali lagi Shanks tidak melawan , Shanks malah tertawa . Higuma mengatakan bahwa Shanks hanyalah seorang pengecut . Setelah ia pergi , kru nya tertawa , termasuk Shanks sendiri . Kemudian Luffy marah dan Luffy ingin pergi dari bar dan mengejar Higuma , lalu Shanks meraih lengan Luffy untuk menahan nya , Tetapi lengan nya malah memanjang , dan itu membuat semua orang terkejut , dan ia mengatakan kalau ia memakan Buah Iblis Gomu Gomu No mi yang baru mereka curi dari kapal lain . Luffy kemudian sekarang menjadi dibuat dari karet dan ditakdirkan untuk tidak pernah bisa berenang lagi .

Beberapa hari kemudian , Shanks dan krunya pergi ke laut , meninggalkan Luffy . Luffy duduk di bar dan marah pada Shanks karena tidak melawan Higuma pada saat itu , saat itu Higuma muncul kembali , Makino pun bergegas ke Desa untuk mencari Walikota . Luffy pun menjadi sandera Higuma . Lalu Higuma mengangkat pedangnya untuk menmbunuh Luffy , Lalu Shanks dan Kru nya muncul .


Shanks Menyimpan Luffy
Shanks Kehilangan
lengan kirinya
Lalu Shanks berjalan maju menuju Higuma , kemudian salah satu bandit mengokang pistol ke Shanks , yang berakhir malah Bandit itu di tembak oleh Lucky Roo . Kemudian Shanks memberitahukan Higuma kalau ia tidak akan membiarkan dia untuk menyakiti temannya . Kemudian seluruh bandit menyerang Shanks ,Lalu Kru Red-Haired Pirates membunuh semua Bandit . Lalu Higuma berpikir , sadar ia tidak dapat mengalahkannya , Higuma menjatuhkan Bom Asap dan membawa Luffy pergi ke laut . Setelah asap nya hilang , Shanks menyadari Luffy hilang dan Shanks pun panik . Di laut , Higuma dan Luffy berada di sebuah perahu . Higuma memutuskan untuk melempar Luffy ke laut . Sebelum Luffy di lempar , Monster Laut muncul , Higuma tidak bisa berbuat apa-apa , dan Higuma di makan oleh monster laut itu . Luffy akhirnya terjatuh ke air , dan Monster Laut itu ingin memakan Luffy , Sebelum ingin di makan , Shanks menyelamatkan Luffy terlebih dahulu . Monster ini takut dengan tatapan Shanks dan akhirnya monster itu pergi . Luffy kemudian menangis dan berteriak , karena Shanks telah kehilangan lengan kirinya demi menyelamatkan kehidupannya .
Shanks at Foosha Village
Akhirnya Luffy telah menyadari bahwa ia terlalu muda untuk menjadi bajak laut . Di dermaga , Luffy telah datang untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Shanks dan kru nya . Sebelum pergi Shanks memberikan Topi jerami milik nya kepada Luffy , dan mengatakan kepada Luffy untuk mengembalikan nya setelah bertemu lagi . 

Tak lama setelah itu , Shanks kembali ke Grand Line , akhirnya tiba di Kepulauan Sabaody dan bertemu dengan Rayleigh . Rayleigh terkejut saat bertemu dengan Shanks , karena Shanks sudah tidak memakai Topi Jerami nya dan Lengan kiri nya . Setelah Rayleigh bertanya kenapa , dia penuh semangat bercerita tentang anak muda yang ia temukan di East Blue yang telah berbicara kata-kata yang sama seperti Gold D. Roger .

Pertemuan dengan Ace
Beberapa saat sebelum alur cerita ia bertemu Portgas D. Ace , yang mengucapkan terima kasih karena telah menyelamatkan adiknya. Shanks menanggapi dengan mambuat sebuah pesta untuk merayakan, karena ia tidak tahu Luffy punya saudara .

Pertempuran Besar 
  • Roger Pirates vs Whitebeard Pirates 
  • Roger Pirates vs Golden Lion Pirates 
  • Shanks vs Marshall D. Teach (tidak terlihat)
  • Shanks vs Mihawk (beberapa kali, tidak ada terlihat)
  • Shanks vs Edward Newgate (hanya bentrok senjata)
  • Red Hair Pirates vs Kaido dan krunya (tidak terlihat)
  • Shanks vs Laksamana Akainu (bentrokan singkat)

Informasi Lain
Penampilan Pertama : Chapter 1 Episode 4
Julukan : Red-Haired Shanks
Umur : 39
Ulang Tahun : 9 Maret 
VA Jepang : Shuichi Ikeda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar